Oleh: beraunews | Desember 15, 2010

Pemekaran Berau Pesisir, Jangan Sekedar Wacana

Talisayan,(BN). Menggelembungnya keinginan untuk memekarkan Kabupaten Berau dengan membentuk kabupaten baru  yaitu Berau Pesisir sangat disambut dengan penuh rasa cita masyarakat Berau terutama yang bermukim di wilayah pesisir meliputi Kecamatan Tabalar, Talisayan, Biduk-Biduk, Biatan, dan Kecamatan Batu Putih. Salah satu tokoh masyarakat Talisayan, Yasir berharap pembentukan Berau Pesisir ini tidak hanya sekedar wacana tetapi menjadi tekad nyata dari pemerintah dan anggota dewan Kabupaten Berau. Sebab pemekaran ini sangat didambakan masyarakat di wilayah pesisir ini agar tidak dapat menikmati hasil-hasil pembangunan dan pelayanan dengan baik.
Menurut Yasir, calon terpilih Kepala Kampung Talisayan ini bahwa pada dasarnya masyarakat menyambut gembira dan merasa bersyukur jika betul-betul Berau Pesisir terbentuk. Pasalnya, selama ini masyarakat kesulitan mendapatkan pelayanan dari karena jauhnya pusat pemerintahan yang ada di Tanjung Redeb yaitu sekitar 150 kilometer untuk Kecamatan Talisayan saja. Apalagi pembagian hasil pembangunan, wilayah pesisir tertinggal dibanding dengan wilayah-wilayah lainnya. Sarana dan prasarana jalan maupun fasilitas lainnya masih minim sehingga wilayah pesisir ini menjadi tertinggal
“Untuk mengurus KTP saja, warga harus menunggu lama hingga puluhan hari. Belum lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih baik, tentu harus ke Tanjung Redeb yang jaraknya cukup jauh”, keluh Yasir.
Ketika ditanya, apa sudah ada tanda-tanda dari pemerintah daerah bahwa Berasu Pesisir ini akan dibentuk ? Yasir mengatakan, belum ada aksion nyata dari pemerintah daerah terutama mensosialisikan rencana pembentukan Berau Pesisir. Pihaknya hanya mengetahui wacana itu, ketika Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak pada HUT Kabupaten Berau pada pertengahan September lalu, melontarkan supaya Berau Pesisir dibentuk sebagai upaya mempercepat proses pembangunan dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. Warga pesisir berharap supaya pemerintah daerah bersama anggota DPRD Berau segera menyikapi keinginan Awang Faroek itu. “Paling tidak, dua atau tiga tahun terakhir ini, pemekaran Berau Pesisir ini sudah terbentuk”, kata Yasir yang saat ini menunggu pelantikannya sebagai Kepala Kampung Talisayan dari Bupati Berau, H.Makmur. (takdir).


Tanggapan

  1. Saya setuju dengan rencana tersebut….tetepi yang perlu digaris bawahi adalah….suatu kabupaten harus mempunyai Infrastruktur yang layak seperti : Jalan harus dibangu, Listrik harus tersedia dengan baik dan lain2 karena dua hal ini yang menjadi problem yang sampai saat ini pemerintah belum menjalankan dengan maksimal dan tepat sasaran….dan terbukti dari tahun 2003 s/d sekarang hal diatas baru setengan di jalankan…mudah – mudahan Pemerintah segera menyadari hal tersebut jangan mementingkan diri sendiri tapi rakyat tak diperhatikan…..


Tinggalkan komentar

Kategori